HUBUNGAN SEJARAH DENGAN ILMU SOSIAL

Nama : Moh Haris Hariyadi (A32209010)
Kelas : SPI – A
Matakuliah : Pengantar Ilmu Sejarah

Hubungan Sejarah dengan Ilmu Sosial


1. Sejarah

Sejarah, babad, hikayat, riwayat, atau tambo dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. pembelajaran mengenai sejarah dikategorikan sebagai bagian dari ilmu budaya (humaniora). Akan tetapi, kini sejarah lebih sering dikategorikan ke dalam ilmu sosial, terutama bila menyangkut perunutan sejarah secara kronologis. Ilmu sejarah mempelajari berbagai kejadian yang berhubungan dengan kemanusiaan di masa lalu. Ilmu sejarah dapat dibagi menjadi kronologi, historiografi, genealogi dan paleografi.

2. Ilmu Sosial

Ilmu sosial atau ilmu pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif.

3. Hubungan Sejarah dengan Ilmu Sosial

Hubungan dari kedua lmu itu adalah terletak pada Objek dan Subjeknya. Ilmu itu membahas tentang manusia sebagai sobjek dan hasil perbuatan manusia itu sebagai objek. Bagi ilmu sosial lebih menitik beratkan pada pengendalian dan pada sejarawan akan mengrekrontuksi sejarah sejara objektif untuk di ambil hikmahnya . Berikut ini adalah hub sejarah dengan ilmu sosil yang lebih spesifik :

a) Sejarah dengan Sosiologi
Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan aspek-aspek dinamis yang ada didalamnya, secara tidak langsung kita dapat menemukan bahwa objek kajian antara sosiologi dan sejarah tidak jauh berbeda, namun sejarah membatasinya dengan konsep ruang dan waktu. Sejarawan juga terkadang melakukan pendekatan sosilogis dalam melakukan penlitian

b) Sejarah dengan Antropologi
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang menggunakan teori dan konsep ilmu sosial lain, termasuk antropologi. Sejarawan banyak meminjam konsep antropologi diantaranya ialah, simbol, sistem kepercayaan, folklore, tradisi besar, tradisi kecil, enkulturasi, inkulturasi, primitif, danagraris. Sementara itu, sumbangan Ilmu sejarah terhadap antropologi adalah, sejarah sebagai kritik, permasalahan sejarah, dan pendekatan sejarah.
1. Sejarah sebagai kritik terhadap generalisasi ilmu-ilmu social
Dalam ilmu-ilmu sosial termasuk di dalamnya antropologi seringkali melakukan generalisasi terhadap suatu permasalahan sosial yang terkadang tidak bersifat universal. Karena secara kenyataan historis terdapat perbedaan di berbagai tempat.

2. Permasalahan sejarah bisa menjadi permasalahan ilmu-ilmu social
Hakikatnya, sejarah mempelajari mengenai tingkah laku manusia. Jadi, jelas berkaitan karena ilmu-ilmu sosial termasuk antropologi membahas manusia sebagai mahluk sosial budaya sudah pasti manusia tersebut memiliki masa lalunya sendiri. Disitulah titik temu antara kajian antropologi dengan ilmu sejarah. Dari titik temu tadi maka permasalahan sejarah yang berkaitan dengan ilmu sosial bisa juga dikaji oleh ilmu sosial yang bersangkutan.
3. Pendekatan ilmu sejarah bersifat diakronis
Jika ilmu sosial bersifat sinkronis maka ilmu sejarah bersifat diakronis. Hal tersebut jelas menambah sudut pandang baru dalam ilmu sosial. Dalam kajian antropologi pun bisa bersifat diakronis dalam memahami misalnya suatu kebudayaan pada saat ini.
c) Sejarah dengan Psikologi
Salah satu ilmu yang membantu dalam pengkajian sejarah adalah Psikologi. Psi kologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat dan watak manusia. Hal ini kemudian digunakan oleh sejarawan untuk mengetahui kelakuan manusia pada masa silam. Dengan bantuan ahli psikologi maka dapat diungkap tentang sifat dan watak manusia masa lampau. Adapun arti psikologi dalam pengkajian sejarah terbagi menjadi dua yaitu psikologi dapat membantu dalam memahami kelakuan dan ciri khas suatu kelompok dengan lebih baik. Ilmu psikologi dapat membantu seorang sejarawan untuk menjelaskan kelakuan individu-individu pada masa silam

Tentang haris

aku tinggal di desa terpencil dekat candi surowono tepatnya dsn Nepen ds krecek kec badas kab kediri pendidikan TK kusuma mulya nepen SDN canggu 1 MTsN model Pare MAN II kota Kediri IAIN sunan ampel surabaya
Pos ini dipublikasikan di Sejarah dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke HUBUNGAN SEJARAH DENGAN ILMU SOSIAL

Tinggalkan komentar